Materi Ke-1 Pelajaran Simulasi Digiital
Tolong baca dan pahami kemudian di rangkum di buku tulis
A. Konsep Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital
Pada dasarnya, Sekolah Menengah Kejuruan bertujuan membekali siswanya dengan
keterampilan kejuruan untuk mengatasi masalah. Dengan demikian, sejak awal, siswa SMK
harus mendudukkan dirinya sebagai bagian dari solusi, bukan bagian dari masalah.
Dalam hampir seluruh bagian hidupnya, manusia tidak pernah mampu melepaskan diri dari
kegiatan berinteraksi dengan manusia lainnya. Hal itu terjadi karena manusia adalah makhluk
sosial yang harus tetap berhubungan dengan manusia lain, dan setiap manusia memiliki
keterbatasan. Setiap manusia tidak dapat diukur sama dalam hal pengetahuan dan
keterampilannya. Dalam tata kehidupan manusia, masing-masing selalu berusaha mengisi kerja
sama dengan orang lain menggunakan pengetahuan dan keterampilannya. Manusia yang
berguna adalah mereka yang mampu memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan yang
dimilikinya untuk menyelesaikan masalahnya sendiri atau untuk membantu menyelesaikan
masalah orang lain.
Keterbatasan pada diri manusia merupakan akar masalah. Manusia selalu memiliki masalah
dalam setiap bagian hidupnya karena keterbatasannya. Kelebihan seseorang yang dapat
menyelesaikan kekurangan orang lain. Dalam perkembangannya, kelebihan seseorang inilah
yang sering menjadi kekhasan pengetahuan dan keterampilan seseorang. Tujuan akhir dari
upaya mencari pengetahuan dan melatih keterampilan serta menyelesaikan masalah , adalah
mencapai kehidupan yang lebih baik bagi dirinya dan orang lain.
Menemukan masalah adalah kegiatan awal sebelum menyelesaikannya. Kemampuan ini
merupakan kerja nalar berdasarkan kondisi dan fakta yang terlihat dan yang mungkin tidak
terlihat. Seseorang berpikir untuk mendapatkan solusi yang menjadi arah utama untuk
menyelesaikan masalah
Saat A-ha!
Manusia selalu ingin tahu untuk mendapatkan solusi. Keingintahuan inilah yang pada dasarnya
mendorong seseorang berpikir. Kegiatan berpikir tidak akan berhenti sebelum menemukan
solusi. Ketika pengetahuan dan keterampilannya tidak mampu menemukan solusi, dia bertanya
kepada orang lain, atau meneliti masalah tersebut, sampai didapatkannya solusi yang tepat.
Dalam proses berpikir menemukan solusi, terdapat saat penting, ketika menemukan sesuatu
dalam pikiran kita. Seolah-olah otak kita diterangi cahaya, mungkin hanya sepersekian detik.
SIMULASI DIGITAL
Upaya Mengomunikasikan Gagasan atau Konsep
Melalui Presentasi Digital
Tiba-tiba muncul sebuah ide cemerlang, menemukan solusi. Saat itulah yang oleh para ahli
dikatakan sebagai saat A-ha. “A-ha, aku tahu”, demikian seolah-olah otak kita berkata. Atau,
karena demikian cemerlangnya hasil pikir kita, bahkan mulut kita ikut mengucapkannya, tanpa
sengaja.
Saat A-ha, bukan tujuan kita berpikir. Tahu itu penting. Akan tetapi hanya sekadar tahu, tidak
cukup. Hal yang kita temukan harus dibandingkan dengan hal lain yang kita temukan pada ‘saat
A-ha’ yang lain. Beberapa solusi diperbandingkan. Seseorang masih harus berpikir. Solusi
terbaiklah yang terpilih untuk menjadi solusi atas masalah yang dihadapi.
Ketika seseorang berpikir, dia tidak kehilangan apa pun dari dalam dirinya. Bahkan, seseorang
harus meneroka (melakukan eksplorasi), melakukan penjelajahan, berdasarkan pengetahuan
yang telah dia miliki, untuk mencari solusi. Proses berpikir dan meneliti serta menemukan solusi
merupakan proses menemukan pengetahuan.
Keingintahuan seseorang sudah muncul sejak kecil. Rasa ingin tahu ini makin besar. Bahkan,
karena terbatasnya kesempatan bertanya, ada hal-hal yang masih belum diketahuinya terbawa
sampai dewasa. Bagaimana cara seorang anak memuaskan rasa ingin tahunya dengan selalu
bertanya, sering kita lihat dalam kehidupan.
Berjuta pertanyaan dalam diri seseorang mulai terjawab ketika dia belajar di sekolah, membaca
buku, bertanya pada orang lain, dan kesempatan lainnya. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan
awal dari upaya memuaskan keingintahuan yang lebih luas.
Hadirrrr
BalasHapusNama : M. FAIQ ATHOILLAH
Jurusan : MULTIMEDIA
Hadirr pak
BalasHapusNama : Wahidatun Rohmah
Jurusan : Multimedia
Adiska Putria Nova
BalasHapusX Mm. Hadirrr
HADIR
BalasHapusNAMA:AHMAD YUSRIN ZABIDI
JURUSAN:MULTIMEDIA
HADIR
BalasHapusNAMA:AHMAD YUSRIN ZABIDI
JURUSAN:MULTIMEDIA
HADIR
BalasHapusNAMA:AHMAD YUSRIN ZABIDI
JURUSAN:MULTIMEDIA
Hadir
BalasHapusNama:julya rachmawaty
Jurusan:perbankan syariah
HADIR
BalasHapusNAMA=MUHAMMAD MUKHLAS MUQOIS
JURUSAN=MULTIMEDIA
Hadir
BalasHapusNama:Aura suci ramadhani
Jurusan:multimedia
HADIR
BalasHapusNama:Ilma Rahmawati
Jurusan:Multimedia
Hadirr
BalasHapusNama:Dita putri ayu nur afizah
Jurusan:perbankan syariah
Hadir
BalasHapusNama:Aura suci ramadhani
Jurusan: multimedia
Hadir
BalasHapusNama=zuhdiyah
Jurusan=perbankan
Hadir pak
BalasHapusNama:Maya puspita sari
Jurusan:Perbankan syariah
Hadir
BalasHapusNama:Windi Luthfil Qudriyah
Jurusan:Perbankan Syariah
Hadir Pakk
BalasHapusNama:Ahmadd Atho' illah
Jurusan: Multimedia
Hadir
BalasHapusNama:Rofiqoh
Jurusan:Multimedia
Hader
BalasHapusNama:Ahsantu Dhonny
Jurusan:Multimedia
Hadirr
BalasHapusNama: Muhammad rosikh zahidi
Jurusan:multimedia
Assalamu'alaikum
BalasHapusNama: m.aswin.s
Jurusan:dok
Assalamu'alaikum
BalasHapusNama:m.aswin.sucahyo
Jurusan: multimedia
HADIR
Hadirrr
BalasHapusNama: muhammad khoirul mawachid
Jurusan: multimedia
Hadirr
BalasHapusNama:umar maulana
Jurusan:multimedia
Hadir
BalasHapusNama: Edi Santoso
Jurusan: Multimedia
Nama:Tri wulandari
BalasHapusJurusan:Perbangkan syari'ah
HADIR
Assalamu'alaikum
BalasHapusHadir pak
Nama:M.Nabil Makarim
Jurusan:MM
Nama:Zahwa hirotun niswa
BalasHapusJurusan:Perbankan syari'ah
Hadir
Nama:Zahwa hirotun niswa
BalasHapusJurusan:Perbankan syari'ah
Hadir